Headline

Berikan Suara Anda untuk Taman Nasional Komodo

Komodo (Varamus komodoensis Ouwen) merupakan kadal terbesar di dunia. Komodo dapat dijumpai di kawasan Taman Nasional Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Penduduk yang tinggal di sekitar Pulau Komodo menyebut binatang ini ora. Makhluk langka ini menarik perhatian wisatawan, baik lokal maupun asing.

pulau-komodo

Ingatkah Anda lepasnya Borobudur sebagai keajaiban dunia tidak masuk dalam vote tujuh keajaiban dunia yang digelar New7Wonder tahun 2007. Tentu saja itu karena kurangnya partisipasi masyarakat memberikan suaranya lewat situs http://www.new7wonders.com.

Nah, pada tahun ini untuk jangka waktu 2009-2011, lembaga nirlaba internasional yang fokus pada pematenan keajaiban dunia itu kembali menggelar Tujuh Keajaiban Dunia yang mengangkat tema keajaiban alam. Terdapat tujuh grup, yakni grup A (Pemandangan), B (Pulau), C (Gunung Merapi), D (Lembah), E (Taman Nasional), F (Danau dan Air Terjun), dan G (Seascapes).

Indonesia sendiri berhasil memasukkan Taman Nasional Komodo (TNK) yang terletak di Nusa Tenggara Timur. Hingga Senin, 2 Maret, TNK berada di urutan ke-13. TNK bersaing ketat dengan Puerta Princesa (Filipina) di urutan pertama, Soundarbans Forest (Banglades) urutan kedua, Amazon (Brasil) di urutan ketiga, Christmas Island (Australia) posisi empat, Tree if Life (Bahrain) di urutan kelima, dan lain-lain.

“Tidak ada batasan jumlah suara yang bisa menempatkan TNK menjadi nomor satu. Intinya berikan semua suaramu. Saya berharap semoga TNK menjadi destination dunia dan kebanggaan Indonesia yang pada akhirnya masuk dalam tujuh keajaiban dunia,” kata Dr. Sapta Nirwandar, Dirjen Pemasaran Depbudpar.

Menurut Sapta, untuk memberikan vote kepada TNK, masyarakat bisa mengakses langsung di situs web www.new7wonders.com atau melalui situs web lain, seperti www.depbudpar.go.id dan www.kompas.com.

“Satu suara satu orang, dan hasil suaranya akan dikonfirmasi melalui e-mail yang bersangkutan,” terang Sapta. Vote untuk TNK telah dibuka sejak awal 2009, pada 7 Juli nanti kandidat akan diperkecil menjadi 77 besar (masing-masing kategori memuat 10 item) dan selanjutnya 31 Desember menjadi 21 besar (3 besar pada masing-masing kategori).

Maka berikanlah dukungan anda sebesar-besarnya dengan mengakses situs web www.new7wonders dan klik Taman Nasional Komodo sebagai pilihan Anda.

“Kembalikan kejayaan wisata Indonesia agar tragedi Borobudur yang amblas sebagai 7 keajaiban dunia tidak terulang kembali,” tegas Sapta.

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s