Antara Piring dan Ruh

Ada tiga orang yang masing-masing dipinjami sebuah piring. Piring bersih ini sengaja dipinjamkan oleh pemiliknya kepada tiga orang yang berbeda.

Orang pertama dipinjami piring ini, digunakan setiap hari sampai selesai dan mengembalikan piring tersebut sudah dalam keadaan bersih. Maka sudah barang tentu sang pemilik piring akan merasa senang, karena piring yang dia pinjamkan kembali dalam keadaan bersih.

Orang kedua sebagaimana orang pertama tadi juga menggunakan piring pinjaman tersebut. Saat tiba waktunya dikembalikan piring tersebut masih dalam keadaan kotor. Maka tentulah sang pemilik akan merasa kecewa.

Begitu juga orang ketiga saat mengembalikan piring tersebut masih dalam keadaan kotor bahkan sudah pecah. Terbayang bagaimana marahnya sang pemilik piring?

Itulah gambaran diri kita hadir disini. Allah lah pemilik piring itu. Dan piring itu adalah ruh yang ada di tubuh kita. Allah tiupkan ruh sedari awal dalam keadaan bersih dan suci. Ia tumbuh dan hidup di dunia ini dengan segala lika-liku hidupnya. Begitulah piring itu digunakan.

Piring yang bagus bukanlah piring yang tidak digunakan. Piring yag bagus adalah piring yang bermanfaat. Dia mungkin akan tersentuh kotor. Dan piring yang benar-benar bagus adalah piring yang segera dibersihkan saat tersentuh kotoran.

Begitulah ruh kita yang mungkin sering bersentuhan dengan kemaksiatan dunia. Namun ruh yang baik akan selalu segera dibasuh dengan tobat agar kembali bersih. Dan bila saat pemiliknya meminta piring sudah dalam keadaan bersih, tentu pemiliknya akan merasa senang.

Namun bayangkan bila piring itu kembali ke pemiliknya masih dalam keadaan kotor bahkan pecah? Betapa murkanya sang pemilik piring. Saudaraku, seandainya kita yang sedang memegang piring itu, sudahkan kita menggunakannya agar membawa manfaat dan menjaganya agar tetap bersih? Belum ada kata terlambat saat mata kita masih bisa membaca tulisan ini.

Abi Raihan, catatan terbuka, 13-11-09

Advertisements

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s