Insomnia (Susah Tidur)

Insomnia merupakan masalah yang sering dialami banyak orang dewasa ini, tak terkecuali orang bisnis. Bahkan hampir semua orang, ada kalanya mengalami gejala penyakit sulit tidur ini. Hal itu bisa disebabkan stress, depresi, khawatir dan terkadang tanpa alasan yang jelas.

Untuk mengatasinya, banyak orang mengambil jalan pintas, menelan Xanax, Valium, Ativan, Vaferin atau obat-obat tidur dan penenang lainnya. Tapi, dalam banyak kasus pemakaian obat tidur dan penenang tidaklah memecahkan persoalan, melainkan menimbulkan ketergantungan yang luar biasa, sehingga masalah sulit tidur menjadi berlarut-larut.

Berapa jam waktu yang baik untuk tidur, bervariasi untuk setiap orang. Walaupun rata-rata waktu tidur 7 ½ jam tiap malam, sebagian orang merasa nyaman cukup 4-5 jam, tapi sebagian orang lain membutuhkan 9 -10 jam tiap malamnya.

Ketidakmampuan untuk tidur nyenyak dapat mempunyai efek tidak hanya pada level energi tubuh tapi juga kesehatan secara keseluruhan karena saat tidur, tubuh akan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Kelelahan, akan mengarah pada mengurangi respon mental dan konsentrasi, berakibat buruk pada aktifitas sehari-hari seperti pekerjaan, sekolah atau aktifitas lainnya.

Insomnia bisa dialami temporer tapi bisa juga kronis [jangka waktu lama]. Gejala penyakit ini, antara lain; tidak mampu cukup tidur di malam hari, sulit tertidur, terjaga saat tengah malam, bangun terlalu awal, terbangun dan tidak bisa tidur kembali, kelelahan dan mengantuk sepanjang siang hari. Dalam kasus lain seseorang yang sangat sulit tidur namun tidak pernah merasakan ngantuk.

Umumnya penyebab insomnia antara lain :

STRESS. Terlalu larut dalam pekerjaan, sekolah, masalah keluarga atau lainnya, mengakibatkan pikiran over aktif dan tidak cukup waktu rileks untuk tidur. Rasa bosan berlebihan seperti tidak punya pekerjaan atau selama sakit berkepanjangan, dapat mengarah kondisi stress dan menyebabkan sulit tidur.

KEKHAWATIRAN. Jika sehari-hari dihinggapi perasaan khawatir karena suatu sebab, pikiran akan selalu terbebani sehingga sulit tidur.

DEPRESI. Jika depresi, anda mungkin tidur terlalu banyak atau sebaliknya bermasalah untuk tidur di malam hari. Hal ini disebabkan ketidakseimbangan kimiawi otak atau rasa ketakutan yang mengiringi depresi, menjauhkan anda untuk tertidur di saat yang diinginkan.

OBAT-OBATAN. Resep obat tertentu seperti antidepresan, tekanan darah tinggi dan pengobatan steroid, bisa mengganggu kualitas tidur. Selain itu, obat-obatan tanpa resep seperti pengurang rasa sakit,decongestant, penurun berat badan [diet] serta kafein [kebanyakan minum kopi].

BYZ TRIP, JOB SCHEDULE. Dalam perjalanan atau pekerjaan terlalu awal atau terlalu larut mengakibatkan gangguan ritme siklus tubuh, menyebabkan ketidakmampuan tidur di saat yang diinginkan. Ritme siklus tubuh bertindak seperti jam internal, semacam pedoman tubuh untuk siklus bangun-tidur, metabolisme dan suhu tubuh.

PENGOBATAN BERKEPANJANGAN. Dokter umumnya hanya merekomendasikan [jika dibutuhkan] pil tidur paling lama hanya 4 minggu. Karena jika terlalu lama, tubuh akan tergantung pada obat tidur dan semakin lama obat tersebut tidak akan efektif.

MAKAN MALAM TERLALU BANYAK. Makan makanan ringan sebelum tidur tidak masalah, tapi jika makan makanan berat terlalu banyak, mengakibatkan ketidaknyamanan fisik saat tubuh berbaring, hingga sulit untuk tidur.

KETURUNAN. Sebagian orang cenderung sulit tidur karena faktor keturunan.

Tidur patut dipandang sebagai faktor penting kesehatan fisik, mental dan spiritual. Melayani Tuhan dan pekerjaanNya, perlu fisik yang kuat dan tubuh yang selalu bugar. Ingat, bisnis dan pekerjaan Anda untuk mendapatkan uang bukan sesuatu yang sekuler, itu semua Anda lakukan dalam rangka melayani Tuhan dan pekerjaanNya. Jadi, apapun alasan anda kehilangan waktu tidur, insomnia berdampak negatif baik fisik, mental dan spiritual.

Dampak yang dialami dapat kumulatif, orang dengan insomnia kronis beresiko berkembangnya problem psikologis seperti depresi dan kekhawatiran berlebihan. Kekurangan tidur dalam jangka panjang meningkatkan dampak penyekit kronis seperti tekanan darah tinggi dan diabetes.

Tidur tanpa intensitas yang cukup dapat berakibat kecelakaan fatal di jalan raya. Sebagai contoh, di Amerika, menurut National Highway Traffic Safety Administration, lebih dari 100.000 kecelakaan tiap tahun hanya dikarenakan pengemudi mengantuk saat mengendarai mobil.

Menghadapi masalah sulit tidur dapat diatasi dengan hanya mengubah ritme hidup. Untuk itu, cobalah mengikuti beberapa tips sederhana berikut ini:

Pertama, kembangkan pola tidur tertentu. Langkah paling utama berkaitan dengan upaya membangun pola tidur seseorang [sleep mode] ialah mengembangkan suatu rutinitas yang mempersiapkan Anda ke tempat tidur.

Anda misalnya dapat mengembangkan kebiasaan untuk menyikat gigi atau mencuci kaki sebelum sebelum beranjak ke tempat tidur. Pokoknya, kerjakan sesuatu hal yang sama setiap malam sebelum tidur, sehingga itu meresap ke alam bawah sadar Anda. Dengan begitu, setelah mengerjakan kebiasaan tersebut, kondisi fisik dan psikis Anda secara otomatis dipersiapkan untuk masuk ke proses atau aktivitas berikutnya yakni memejamkan mata, tidur.

Langkah kedua, membangun sebuah konsep bahwa tempat tidur hanya dimanfaatkan untuk kegiatan tidur. Artinya, hindari sedapat mungkin kebiasaan untuk bekerja, makan, membaca, atau bermain video game di tempat tidur. Jadi, yang terpenting pikiran Anda hendaknya diarahkan untuk mengasosiasikan tempat tidur hanya dengan aktivitas tidur.

Langkah berikutnya yang dapat dilakukan ialah berolahraga secara teratur. Olahraga yang teratur akan membuat tubuh Anda mendapat oksigen dalam jumlah yang ideal sehingga Anda dapat mudah tidur. Tapi, satu hal perlu diingat, janganlah Anda melakukan olahraga mendekati jam tidur. Sebab, hal itu akan membuat sistem dalam tubuh Anda bekerja aktif, sehingga Anda malah menjadi makin susah tidur.

Hal lain yang dapat dilakukan ialah menghindari atau membatasi kafein, nikotin dan alkohol. Kafein dan nikotin setelah makan malam membuat anda terjaga dari tidur. Sementara alkohol dapat menyebabkan tidur tak nyenyak dan terjaga saat tidur.

Renungkan segala sesuatu untuk mendukung keberhasilanmu dalam setiap segi kehidupan ini,…

Advertisements

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s