Tour de Jabar

Akhirnya bisa juga motor ini kuhentikan. Gila sepanjang jalan berapa kali Aku pengen berhenti tapi motorku selalu menjawab, “Ah nanggung, ntar aja..” Kali ini motor kuparkir tepat di depan sebuah warung kecil masih di jalur Lembang tak jauh dari tempat wisata Tangkuban Perahu.

img_5310

Mata ini tak pernah lepas membaca tulisan2 bernada promosi yang terpasang di depan deretan warung pnggir jalan. SEDIA SATE KELINCI, sebuah tulisan yang akhirnya bisa menggodaku untuk menghentikan laju kuda besiku.

Sebuah meja panjang ditata rapi di antara 2 tempat lesehan berlapis karpet biru yang terletak di masing-masing sudut ruangan yang tidak terlalu luas, kira2 berukuran 5x3meter. Di salah satu sudut ruangan seorang Bapak memakai sweater dan seorang Ibu berjaket duduk tak jauh dari tempat pemanggangan. Asap mengepul ringan keluar dari sela-sela kayu yg sengaja diletakkan di atasnya sebagai kayu bakar.

“Pak ada sate kelinci?” tanyaku langsung memastikan Aku tidak salah memilih warung. “Aya.. aya.. ” jawab ramah ibu penunggu warung mempersilahkan Aku masuk ke warung. Bergegas masuk ke bilik belakang setelah menanyakan berapa porsi yang akan Aku pesan. Satepun kini dalam genggaman si bapak untuk segera dibakar.

Tidak terlalu lama menunggu sate kelinci pesananku matang. Sementara sate sedang dibakar mata ini menikmati suasana pinggir jalan yg terasa sejuk. Di seberang jalan yang berheimpit dengan kebun teh yang luas tak berbatas menutupi lereng gunung, semakin samar karena iring-iringan kabut tipis menyelimuti seolah tak pernah putus.

img_5308

Sesekali mobil niaga diesel dan bus pariwisata lewat di antara beberapa mobil pribadi yang Aku pikir mungkin sedang berlibur di sekitar Ciater-Lembang-Bandung. Tak jarang mobil2 itu harus oper ke gigi lebih rendah agar bisa melalui jalan yang terus menanjak sekitar 30derajat. Sementara lalu lalang kendaraan bermesin tak henti-hentinya simpang siur, kali ini pemandangan yang lebih menarik hadir di depan mata. Dua biker sepeda gunung melintas.

img_5305

Sepeda Gunung, lebih kerennya disebut Mountain Bike (MTB). Wah sepertinya mengasyikkan kegiatan itu. Dua orang yang mengayuh MTB ini kembali membangkitkan mimpiku yang hampir tertidur pulas. Sudah lama sebenarnya Aku ingin touring Jakarta-Bandung dg MTB. Kira2 setahun yg lalu pernah ngobrol dg seorang rekan penggiat Bike to Work (B2W). Sempat sih diketawain, tentang keinginanku MTB Jakarta-Bandung, “Udah deh ikut kegiatan (off road) kita aja dulu.” Tapi sore ini 2 biker MTB ini benar2 membangkitkan mimpiku. Yes, kelak akan Aku coba taklukkan Jakarta-Bandung dg MTB, amin.

img_5307

Mulai dari ujung jalan di bawah terus sampai menanjak ke atas, dua biker ini tak lepas dari pandanganku. Sampai akhirnya.. “Satenya sudah siap, minumnya apa.. ? sapa ramah pemilik warung. Sebenarnya sih pengen Fanta merah + es batu tapi.. ah jangan minum dingin lah secara udara disini sudah dingin.. yang lain aja deh.

img_5315

Widiii… satenya manstrabz nih… Sepuluh tusuk sate kelinci, bumbu kacang, nasi 1 porsi dan teh anget tawar. Hhhmmm.. gak nunggu waktu langsung Aku hajar, bat bet bat bet.. ludes sudah menu kali ini. Menu ini memang sudah Aku incar dalam touring kali ini. Dan seperti adat yang sudah2 setiap kali ke Lembang menu sate kelinci menjadi target utama. Alhamdulillah pertempuranku melawan 10 tusuk sate kelinci berhasil kumenangkan praktis tanpa perlawanan yg berarti. Piring nasi bersih tak sebutir nasi pun tertinggal, begitu juga satenya ludes hanya menyisakan batang lidi yg tak lagi ditemani daging kelinci dan potongan timun pencuci mulut yg sengaja tidak Aku makan.

Selepas bertempur melawan sate kelinci, kembali tanganku disibukkan memainkan camera pocket. Canon Digital IXUS 30 masih setia menemaniku. Sangat membantuku mengabadikan moment2 yg tak ingin kulepaskan. Tak terkecuali adegan motor mogok yang sangat menggelitik untuk Aku komentari.

img_5316

Gak tahu awalnya gimana. Aku lihat 2 motor hitam putih sudah berhenti di pinggir jalan. Sementara motor warna orange sedang didorong-dorong. Hohoho.. naga naganya lagi ngambek tuh mesinnya, alias mogok. Berulang kali distarter masih jug amesin tak mau bekerja. Yang ada adalah dagelan kekonyolan yang sedang mereka pertunjukkan. Sementara yg jaket hijau capek mengutak-atik mesin, yang lain sibuk olahraga perut alias ngetawain. Fiuh… capcay dey..

Tapi liat donk, solidaritas mereka. Layak diacungin jempol. Satu motor mogok yg lain gak ninggalin. Ada tuh si Nouvo padahal paling depan bahkan udah di atas, mau2nya balik lagi ke bawah sekedar menjaga kebersamaan. Dan bisa ditebak kini mendaki tidak lagi dengan deru suara knalpot tetapi digantikan cucuran keringat karena harus mendorong motor mogok menyusuri jalanan menanjak. MAJU TERUS BANG.. PANTANG MUNDUR.. !!

img_5323

(bersambung)

Advertisements

Protected: The Buffet

This content is password protected. To view it please enter your password below:

Insomnia (Susah Tidur)

Insomnia merupakan masalah yang sering dialami banyak orang dewasa ini, tak terkecuali orang bisnis. Bahkan hampir semua orang, ada kalanya mengalami gejala penyakit sulit tidur ini. Hal itu bisa disebabkan stress, depresi, khawatir dan terkadang tanpa alasan yang jelas.

Untuk mengatasinya, banyak orang mengambil jalan pintas, menelan Xanax, Valium, Ativan, Vaferin atau obat-obat tidur dan penenang lainnya. Tapi, dalam banyak kasus pemakaian obat tidur dan penenang tidaklah memecahkan persoalan, melainkan menimbulkan ketergantungan yang luar biasa, sehingga masalah sulit tidur menjadi berlarut-larut.

Berapa jam waktu yang baik untuk tidur, bervariasi untuk setiap orang. Walaupun rata-rata waktu tidur 7 ½ jam tiap malam, sebagian orang merasa nyaman cukup 4-5 jam, tapi sebagian orang lain membutuhkan 9 -10 jam tiap malamnya.

Ketidakmampuan untuk tidur nyenyak dapat mempunyai efek tidak hanya pada level energi tubuh tapi juga kesehatan secara keseluruhan karena saat tidur, tubuh akan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Kelelahan, akan mengarah pada mengurangi respon mental dan konsentrasi, berakibat buruk pada aktifitas sehari-hari seperti pekerjaan, sekolah atau aktifitas lainnya.

Insomnia bisa dialami temporer tapi bisa juga kronis [jangka waktu lama]. Gejala penyakit ini, antara lain; tidak mampu cukup tidur di malam hari, sulit tertidur, terjaga saat tengah malam, bangun terlalu awal, terbangun dan tidak bisa tidur kembali, kelelahan dan mengantuk sepanjang siang hari. Dalam kasus lain seseorang yang sangat sulit tidur namun tidak pernah merasakan ngantuk.

Umumnya penyebab insomnia antara lain :

STRESS. Terlalu larut dalam pekerjaan, sekolah, masalah keluarga atau lainnya, mengakibatkan pikiran over aktif dan tidak cukup waktu rileks untuk tidur. Rasa bosan berlebihan seperti tidak punya pekerjaan atau selama sakit berkepanjangan, dapat mengarah kondisi stress dan menyebabkan sulit tidur.

KEKHAWATIRAN. Jika sehari-hari dihinggapi perasaan khawatir karena suatu sebab, pikiran akan selalu terbebani sehingga sulit tidur.

DEPRESI. Jika depresi, anda mungkin tidur terlalu banyak atau sebaliknya bermasalah untuk tidur di malam hari. Hal ini disebabkan ketidakseimbangan kimiawi otak atau rasa ketakutan yang mengiringi depresi, menjauhkan anda untuk tertidur di saat yang diinginkan.

OBAT-OBATAN. Resep obat tertentu seperti antidepresan, tekanan darah tinggi dan pengobatan steroid, bisa mengganggu kualitas tidur. Selain itu, obat-obatan tanpa resep seperti pengurang rasa sakit,decongestant, penurun berat badan [diet] serta kafein [kebanyakan minum kopi].

BYZ TRIP, JOB SCHEDULE. Dalam perjalanan atau pekerjaan terlalu awal atau terlalu larut mengakibatkan gangguan ritme siklus tubuh, menyebabkan ketidakmampuan tidur di saat yang diinginkan. Ritme siklus tubuh bertindak seperti jam internal, semacam pedoman tubuh untuk siklus bangun-tidur, metabolisme dan suhu tubuh.

PENGOBATAN BERKEPANJANGAN. Dokter umumnya hanya merekomendasikan [jika dibutuhkan] pil tidur paling lama hanya 4 minggu. Karena jika terlalu lama, tubuh akan tergantung pada obat tidur dan semakin lama obat tersebut tidak akan efektif.

MAKAN MALAM TERLALU BANYAK. Makan makanan ringan sebelum tidur tidak masalah, tapi jika makan makanan berat terlalu banyak, mengakibatkan ketidaknyamanan fisik saat tubuh berbaring, hingga sulit untuk tidur.

KETURUNAN. Sebagian orang cenderung sulit tidur karena faktor keturunan.

Tidur patut dipandang sebagai faktor penting kesehatan fisik, mental dan spiritual. Melayani Tuhan dan pekerjaanNya, perlu fisik yang kuat dan tubuh yang selalu bugar. Ingat, bisnis dan pekerjaan Anda untuk mendapatkan uang bukan sesuatu yang sekuler, itu semua Anda lakukan dalam rangka melayani Tuhan dan pekerjaanNya. Jadi, apapun alasan anda kehilangan waktu tidur, insomnia berdampak negatif baik fisik, mental dan spiritual.

Dampak yang dialami dapat kumulatif, orang dengan insomnia kronis beresiko berkembangnya problem psikologis seperti depresi dan kekhawatiran berlebihan. Kekurangan tidur dalam jangka panjang meningkatkan dampak penyekit kronis seperti tekanan darah tinggi dan diabetes.

Tidur tanpa intensitas yang cukup dapat berakibat kecelakaan fatal di jalan raya. Sebagai contoh, di Amerika, menurut National Highway Traffic Safety Administration, lebih dari 100.000 kecelakaan tiap tahun hanya dikarenakan pengemudi mengantuk saat mengendarai mobil.

Menghadapi masalah sulit tidur dapat diatasi dengan hanya mengubah ritme hidup. Untuk itu, cobalah mengikuti beberapa tips sederhana berikut ini:

Pertama, kembangkan pola tidur tertentu. Langkah paling utama berkaitan dengan upaya membangun pola tidur seseorang [sleep mode] ialah mengembangkan suatu rutinitas yang mempersiapkan Anda ke tempat tidur.

Anda misalnya dapat mengembangkan kebiasaan untuk menyikat gigi atau mencuci kaki sebelum sebelum beranjak ke tempat tidur. Pokoknya, kerjakan sesuatu hal yang sama setiap malam sebelum tidur, sehingga itu meresap ke alam bawah sadar Anda. Dengan begitu, setelah mengerjakan kebiasaan tersebut, kondisi fisik dan psikis Anda secara otomatis dipersiapkan untuk masuk ke proses atau aktivitas berikutnya yakni memejamkan mata, tidur.

Langkah kedua, membangun sebuah konsep bahwa tempat tidur hanya dimanfaatkan untuk kegiatan tidur. Artinya, hindari sedapat mungkin kebiasaan untuk bekerja, makan, membaca, atau bermain video game di tempat tidur. Jadi, yang terpenting pikiran Anda hendaknya diarahkan untuk mengasosiasikan tempat tidur hanya dengan aktivitas tidur.

Langkah berikutnya yang dapat dilakukan ialah berolahraga secara teratur. Olahraga yang teratur akan membuat tubuh Anda mendapat oksigen dalam jumlah yang ideal sehingga Anda dapat mudah tidur. Tapi, satu hal perlu diingat, janganlah Anda melakukan olahraga mendekati jam tidur. Sebab, hal itu akan membuat sistem dalam tubuh Anda bekerja aktif, sehingga Anda malah menjadi makin susah tidur.

Hal lain yang dapat dilakukan ialah menghindari atau membatasi kafein, nikotin dan alkohol. Kafein dan nikotin setelah makan malam membuat anda terjaga dari tidur. Sementara alkohol dapat menyebabkan tidur tak nyenyak dan terjaga saat tidur.

Renungkan segala sesuatu untuk mendukung keberhasilanmu dalam setiap segi kehidupan ini,…