Memilih Asuransi Mobil

Tidak bisa dipungkiri, krisis ekonomi berkepanjangan yang terjadi, dirasakan sulit oleh  hampir semua sektor kegiatan usaha. Kondisi ini menjadi semakin sulit, bila perusahaan harus menanggung resiko yang mungkin terjadi atas asset penunjang kegiatan. Karena itu sekarang merupakan saat yang tepat untuk mengalihkan resiko tersebut ke perusahaan asuransi sebagai penjamin resiko. Namun memilih asuransi mobil kadang gampang-gampang susah.

Anda sedang mencari dan bingung memilih asuransi mobil? Mungkin tips di bawah ini bisa menjadi pertimbangan :

1.      Quality:

Pastikan terlebih dahulu asuransi yang akan diipilih termasuk katagori asuransi yang sudah mendapat prediket Best General Insurance, Indonesian Best Brand Award, Indonesian Customer Satisfaction Award. Karena dengan sertifikasi ini sudah jelas menunjukan bahwa asuransi tersebut handal, terpercaya, dan terbukti bertanggung jawab dalam melayani claim pelanggannya.

2.      Biaya Own Risk (Resiko Sendiri):

Kadang-kadang bolak-balik ke bengkel asuransi juga merupakan sesuatu yang membuat malas pelanggan, apalagi beberapa asuransi menerapkan sistem claim dengan pembayaran biaya OR (Own Risk) atau resiko sendirinya yang rata-rata Rp.100.000.- ada yang berdasarkan per kejadian, per benturan, dan sebagainya tentu hal ini membuat anda terbebani dengan harus banyak mengeluarkan biaya claim untuk membayar OR bila sering bulak-balik ke bengkel asuransi yang belum tentu hasil pekerjaan bengkelnya memuaskan pelanggan karena dikerjakan oleh bengkel yang ecek-ecek atau non-authorized. Kadang hasil cat belang membuat image mobil anda seolah-olah pernah tabrakan dahsyat tentu ini membuat nilai jual mobil anda merosot. Walaupun customer bisa complain ke asuransi tersebut, tapi berapa lama kerugian waktu anda terbuang. Ada baiknya bagi yang sangat sibuk sekali dan malas bolak balik ke bengkel asuransi sebaiknya memilih asuransi yang dapat menerima 1 (satu) kali claim saja tapi kumpulan dari beberapa benturan/tabrakan dalam waktu kejadian yang berbeda-beda, sehingga mungkin dalam setahun cukup 1 kali ke bengkel asuransi dan cukup bayar OR sekali saja body mobil anda mulus kembali karena dikerjakan oleh bengkel terpercaya atau bengkel resmi (authorized) . Hemat dan efesien.

3. Proses Klaim:

Saat proses klaim ke asuransi sebaiknya dicermati terlebih dahulu, ada beberapa asuransi mobil yang waktu menerima proses claim pelanggan berbelit-belit sekali harus ini lah harus itu lah tunggu surveyornya siap lah, kadang harus berdebat dulu lah saat disurvey. Belum kadang-kadang perlu waktu beberapa hari hanya untuk menunggu SPK (Surat Perintah Kerja) yang dikeluarkan pihak asuransi agar pihak bengkel bisa memperbaiki mobil kita. Hal-hal seperti ini kadang-kadang pelanggan merasa disepelekan dan banyak waktu tebuang hanya untuk menunggu secarik kertas/surat. Tinggalkan proses seperti ini yang sudah kuno, sebaiknya pilih asuransi yang tidak rumit saat claim, cepat kurang dari 30 menit SPK sudah di tangan anda sehingga anda tinggal menenetukan kapan ke bengkel asuransi.

4.      Hasil Kerja:

Banyak beberapa asuransi yang menerapkan rate murah meriah, tapi untuk apa bila hasil kerja bengkel rekanannya sangat tidak bermutu alias ecek-ecek dan tidak memuaskan pelanggan. Kadang cat mobil anda terlihat malah belang betong membuat image body mobil anda seolah-olah pernah tabrakan dahsyat tentu ini membuat nilai jual mobil anda merosot. Walaupun customer bisa complain ke asuransi tersebut, tapi berapa lama kerugian waktu anda terbuang. Cermati hal ini dan pilih asuransi dengan bengkel rekanannya yang terpercaya dan resmi (authorized) . Ingat kendaraan anda adalah asset yang berharga, jangan sepelekan dengan menggunakan asuransi yang meragukan pelayanannya hanya karena perbedaan harga premi beberapa rupiah saja

5.      Spare Parts (Suku Cadang):

Spare parts adalah bagian yang terpenting di mobil anda, pastikan asuransi menjamin spare part yang dipakai asli dan bergaransi. Hati-hati dengan asuransi yang tidak menjamin ini sehingga fatal akibatnya.

6.      Tanggung Jawab Pihak Ke-Tiga (TJH / TPL) serta PA (Personal Accident):

Fitur ini semestinya dicermati baik-baik karena saat kejadian kecelakaan tabrakan contoh menabrak motor kadang–kadang pihak ke-3 malah jauh lebih berat kerusakannya dari kita. Disini peran fitur ini diperlukan, sebaiknya pilih asuransi dengan tanggung jawab pihak ke tiga yang besar sehingga anda tidak terbebani biaya extra. Begitu juga dengan fitur perlindungan kecelakaan diri pengemudi/penumpang hal ini juga sangat dibutuhkan. Pilih asuransi yang sudah termasuk dengan fitur ini.

7.      Layanan Gratis Perlindungan 24 Jam:

Hal ini yang sangat-sangat penting saat kita memilih asuransi mobil, banyak asuransi mobil yang hanya mengandalkan dan memberikan rate murah meriah saja tapi pelayanan perlindungannya sangat
tidak memuaskan, pelayanan tidak 24 jam, no telpon pelayanan sulit dihubungi malah kadang tidak ada yang jawab, kadang-kadang area perlindungannya juga sangat terbatas sekali kadang malah hanya area Jabotabek saja. Keluar dari Jabotabek anda bisa ketar-ketir bila ada masalah dengan mobil anda seperti mogok di jalan raya karena ban kempes, perlu derek, kunci ketinggalan di dalam mobil, kehabisan bahan bakar, dsb. Tinggalkan kekhawatiran ini, pilih asuransi dengan kesiagaan 24 jam dan area perlindungannya luas se-Indonesia. Sehingga bila anda touring ke luar kota yang jauh seperti ke Medan atau Bali tidak khawatir bila terjadi masalah dengan mobil anda. Fitur ini perlu dipertimbangkan bagi anda yang senang bepergian jauh (touring).

8. SRCC (Strike, Riot and Civil Commotion – Kerusuhan, Pemogokan dan Huru Hara & Banjir):

Fitur asuransi ini sangat direkomendasikan yang dapat menjamin risiko akibat adanya gangguan ketertiban umum yang dilakukan oleh sekelompok orang, serta tindakan pejabat berwenang dalam menindak gangguan tersebut, baik yang berhubungan dengan pemogokan dan penghalangan bekerja, dan menanggung kerusuhan sipil yang bemotif politik. Juga perluasan asuransi menjamin kerugian yang diakibatkan oleh air yang melimpah keluar dari batas normal air sungai, danau, rawa, jebolnya pintu air, jebolnya bendungan, hujan yang terus menerus yang tidak dapat ditampung oleh saluran air. Kerusakan karena banjir ini meliputi kerusakan pada interior, eksterior, panel dashboard, mekanikal, elektrikal dan kerusakan lainnya atas kendaraan bemotor yang dipertanggungkan. Pilih asuransi yang sudah termasuk fitur ini.

9.  Fleksibel Dalam Pembayaran:

Pilih asuransi mobil yang pembayaran preminya flexibel, dapat dilakukan dengan cash, transfer, atau kartu kredit (Visa / Mastercard). Hal ini mungkin membantu manajemen keuangan anda.

Advertisements

4 Comments

  1. PENGALAMAN BURUK ASURANSI KENDARAAN DI PT. ASURANSI WAHANA TATA

    Semoga Anda tidak pernah mengalami pengalaman yang pernah menimpa saya ini. Singkatnya, kendaraan yang saya asuransi secara TLO di perusahaan Asuransi Wahana Tata, hilang dicuri. Dan setelah menjalani proses yang super berbelit, akhirnya PT. Asuransi Wahana Tata mencairkan klaim. Anehnya, pencairan dilakukan 2 (dua) tahap, tanpa melakukan negosiasi apapun dengan Pemilik kendaraan yang hilang. Tahap pertama (jumlahnya tidak jelas), dicairkan kepada Perusahaan Finance tempat saya melakukan kredit. Tahap kedua, dicairkan Rp. 5,4 jt kepada Finance, guna memfasilitasi gratifikasi pengurusan surat-surat keterangan polisi. Akhirnya dari seluruh jumlah klaim, saya hanya mendapat pengembalian lk. Rp. 3,5 jt ; yang artinya tidak lebih besar dari premi asuransi yang telah saya bayarkan; dan juga tidak lebih besar dari sebulan angsuran kredit yang telah 14 kali dibayar, dengan DP sekitar 25% harga ‘on the road’. Inilah pengalaman saya menjadi nasabah PT. Asuransi Wahana Tata. Semoga bermanfaat.

    David, HP. (0274) 9345675
    Pemegang Polis No.03-24-18000197

  2. Trmks p’David atas sharingnya. Selama ini sy sendiri blm pernah berurusan dg asuransi hingga berbelit spt pengalaman di atas. Bahkan opini yg saya tangkap tentang asuransi selama ini baik2 sj. Tlepas sumber info sy adalah saudara dan teman. Tp sy yakin apapun infony smg bermanfaat buat pembaca smua. Salam kenal dr saya.

  3. mungkin biar ndak pusing bisa jasa broker asuransi seperti http://www.konsultan-asuransi.com/

  4. Hey there this is kind of of off topic but I was wanting to know if blogs use WYSIWYG editors or if you have to manually code with HTML.
    I’m starting a blog soon but have no coding expertise so I wanted to
    get guidance from someone with experience. Any help would be enormously appreciated!


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s