Tips Menghadapi Hujan

Musim hujan berkah buat petani, nyebelin bagi bikers alias para penyemplak motor. Apalagi yang sering melewati daerah rawan banjir Ngaku aja deh! Siap-siap aja motor dinaekin gerobak kalau gak mau mogok. Biar motor ente nggak takut lagi sama air coba simak tips di bawah ini:

1. Oleskan Gemuk di Kelistrikan

Agar air tak masuk dan membuat kelistrikan korslet, olesi kabel atau soket kelistrikan dengan gemuk atau lilin lebih bagus dengan sealer (lem karet untuk aquarium) atau cairan WD 40. WD 40 membuat lapisan lilin tipis sehingga air ogah nempel.

2. Rapikan Selang Pembuangan Bensin

Rapikan selang pembuangan bensin di karburator, jangan menjuntai ke bawah, rapikan di tempat yang agak tinggi. Kenapa? Pasalnya, ketika bensin terisap lewat spuyer, ruang mangkuk karbu vakum dan menghisap udara lewat selang. Nah kalau  jalan banjir, selang karburator ini kerap menghisap air.

3. Jangan Menggeber Gas

Lewat banjir jangan mainkan atau menggeber gas. Jaga putaran mesin tetap konstan. Jangan sampai turun, sebab air akan tersedot lewat knalpot dan membuat mesin mati. Jalankan motor perlahan  pada gigi satu atau dua saja. Jangan ngebut, karena membuat air bergelombang dan mengenai mesin. Sebelumnya pastikan dulu jalan di depan tidak banyak hambatan agar motor tidak berhenti di tengah banjir.

4. Ikuti jalan motor di depan

Saat banjir ikuti jalan motor di depan. Motor di depan bisa sangat bermanfaat buat kita. Karena akan membelah genangan air. Sehingga motor kita akan melewati genangan air yg relative lebih dangkal. Namun perlu diperhatikan, jaga jarak dengan motor depan. Jaga keseimbangan agar tidak terlalu sering turun kaki. Dan yang terpenting jaga gas agar tetap konstan.

5. Ban Botak Jangan Dipakai

Musim hujan begini jangan pake ban botak! Kalau kedalaman alur kurang dari 2 mm, sebaiknya ganti. Beli yang baru dan pilih ban yang kembangannya menyalurkan aliran air keluar.

6. Pake jas hujan model celana

Musim hujan begini baiknya bawa selalu jas hujan. Yang bagus model stelan baju-celana bukan model ponco. Bahaya kalo model ponco, bisa berkibar-kibar kaya BATMAN mengganggu pengendara lain, dan potensi bahaya bagi si pengendara juga besar karena ponconya bisa nyangkut di roda belakang atau bahkan nyangkut di kendaraan lain.

7. Oleskan tembakau di kaca Helm

Derasnya air hujan menghalangi pandangan kita. Apalagi kalau helmnya full face. Perbedaan hawa membuat  kaca    berembun. Hilangkan embun dengan membuka separuh kaca atau taburkan tembakau rokok ke seluruh permukaan kaca sampai rata dan bersihkan. Dijamin air tak mengumpul dan embun hilang.

8. Turunkan Tekanan Ban

Awas, pas jalan berair karet ban tak sepenuhnya nempel aspal atau bahasa kerennya Aquaplanning. Triknya, kurangi tekanan angin ban 3-5 psi. Makin kempis, permukaan yang nempel di aspal lebih banyak. Dijamin lebih stabil, asal bannya gak botak ya. Namun perlu diperhatikan juga bila beban sudah cukup berat, mengempiskan ban sepertinya sudah tidak perlu, sebab malah bisa merusak ban itu sendiri.

9. Nyalakan Lampu Depan

Saat hujan turun apalagi jika deras, pandangan mata kita ke depan menjadi tak jelas. Agar menghindari tabrakan dengan kendaraan lain nyalakan lampu depan agar pengendara lain tahu keberadaan kita.

10. Perhatikan penggunaan rem

Minggu lalu saat hujan deras terjadi kecelakaan di Pal Merah. Dari arah pejompongan menuju Simpruk. Speerti biasa setelah lampu hijau di persimpangan Senayan, hampir semua motor langsung memacu kendaraan. Jalanan memang cukup lebar, namun awas, tepat di depan Pom bensin ada genangan air. Spontan semua motor mengurangi kecepatan mendadak. Disinilah potensi bahayanya. Motor yg di belakang yg kurang sigap akan mengerem mendadak. Bisa ditebak aka nada korban jatuh disini. Maka hati-hatilah menggunakan rem. Kurangi kecepatan denagn bertahap, tetap tenang mengendalikan motor.

Advertisements

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s